Selasa, 27 Oktober 2015

APA ITU DESAIN GRAFIS ?


Apa itu desain grafis ? Jika dijabarkan berdasarkan masing-masing katanya, desain grafis berasal dari dua suku kata yaitu desain, yang artinya proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak. Sedangkan grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi desain grafis adalah kombinasi antara, kata-kata, angka, gambar, foto, dan ilustrasi yang dirancang oleh secara kreatif oleh seseorang agar menghasilkan suatu produk yang berguna dalam bidang gambar.

Desain Grafis sendiri merupakan cabang ilmu dari seni desain yang didukung oleh perkembangan komputer dalam membuat sebuah objek. Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetik dan berbagai macam aspek lainnya, yang biasanya datanya didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya.

Seni desain grafis menggabungkan kemampuan kognitif dan keterampilan visual dalam mengkombinasikan  tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak. Definisi Desain Grafis: adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan.

Orang yang berkecimpung di dalam dunia desain grafis disebut sebagai Graphic Designer. Graphic Designer bertanggung jawab untuk membuat sebuah desain tampilan agar tampak menarik sehingga dapat digunakan sebagai promosi suatu produk kepada publik.

Seorang Graphic Designer harus memiliki keahlian dalam bidang teknologi, sains, seni, sosial dan budaya, filsafat dan etika. Bidang-bidang ini berfungsi untuk mengetahui cakupan hasil karya tertentu agar sesuai dengan target. Selain lima bidang tersebut seorang Graphic Designer juga harus memiliki kemampuan olah nirmana, yang digunakan untuk membuat karya grafis yang menarik sekaligus memilki fungsi yang sesuai dengan permintaan klien. Kemampuan tak kalah penting yang harus dimiliki oleh Graphic Designer adalah menggunakan software desain grafis, sehingga mampu menerapkan kreasi grafis pada media elektronik agar dapat dibuat secara misal dan untuk kebutuhan klien lainnya.


Definisi Desain Grafis Menurut Para Ahli

a. Menurut Suyanto,  “Aplikasi dari keterampilan seni dan komunikasi untuk kebutuhan bisnis dan industri”.
b. Jessica Helfand, “Kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-eleman ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna, mengejutkan atau subversif atau sesuatu yang mudah diingat”.
c. Danton Sihombing, “Mempekerjakan berbagai elemen seperti marka, simbol, uraian verbal yang divisualisasikan lewat tipografi dan gambar, baik dengan teknik fotografi ataupun ilustrasi”.
d. Michael Kroeger,  “Visual communication (komunikasi visual) adalah latihan teori dan konsep-konsep melalui terma-terma visual dengan menggunakan warna, bentuk, garis dan penjajaran”.

Pada dasarnya untuk menciptakan karya desain grafis yang bagus, seni dan taste adalah dua hal yang perlu dikedepankan. Selain itu, mempelajari teori dan teknik juga tidak kalah pentingnya agar karya yang dihasilkan menjadi sebuah masterpiece.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar